Polling Bulan Ini

Bagaimana pelaksanaan proses akademik di semester genap ini?

Kurang
Cukup Bagus
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
Download Terbaru
Hubungi Admin
  • Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi admin via WA & Telegram.

    082292396640 @lewikiswanto
  • Pendidikan Agama Kristen (PAK)
    Share this article on :

    Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi Pencapaian

     

    1.1              Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaranserta Strategi Pencapaian

     

    1.1.1        Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

     

    Penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi (Prodi) Pendidikan Agama Kristen (PAK) STT STAR’S LUB mengacu pada SK No. 40/SK/YBSI – LUWUK/VI/2008 tentang keputusan pembukaan prodi. Melalui SK tersebut, ditekankan bahwa prodi PAK diperlukan guna membantu pemerintah untuk mencerdaskan bangsa dan negara. Karena itu, para pimpinan mengadakan rapat sebagai tindak lanjut dari keputusan yayasan tersebut.

    Dalam perumusannya, finalisasi VMTS melewati tahapan berikut ini:

    1. Telah diadakan rapat pimpinan untuk membuat draft rumusan VMTS Prodi PAK. Khusus untuk visi, patokannya adalah Visi dan Misi institusi STT STAR’S LUB, yakni ”Menjadi pusat kajian pendidikan dan pelayanan agama Kristen di Indonesia hingga tahun 2025.” Dalam rapat tersebut, para pimpinan sepakat bahwa harus dibuat tim khusus (Timsus) untuk segera membicarakan dan merumuskan VMTS Prodi PAK. Rapat itu juga merekomendasikan pembahasannya melibatkan beberapa pemangku kepentingan (stakeholder), gereja, mahasiswa, dan aparat pemerintah. Pihak yayasan juga diundang.
    2. Berdasarkan amanat SK NO. 16/SK/YBSI-LUWUK/III/2008  tentang pembentukan Timsus perumusan VMTS, ketua Timsus membicarakan draf awalnya lalu ditindaklanjuti pada pertemuan yang lebih luas bersama semua unsur pemangku kepentingan.
    3. Timsus VMTS mengundang semua pemangku kepentingan untuk membahas draf yang sudah dibuat. Hasil dari pembahasan dan rumusan yang lebih baik dibahas lagi dalam rapat berikutnya untuk mengoreksi dan memfinalisasi VMTS yang akan digunakan oleh Prodi PAK STT STAR’S LUB.
    4. Pada akhirnya, VMTS Prodi PAK ditetapkan berdasarkan keputusan Yayasan tentang Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Prodi PAK STT STAR’S LUB pada tanggal 10 Maret 2008.

     

     

    1.1.2.  Visi

     

                Pernyataan visi Program Studi Prodi PAK adalah sebagai berikut:

     

     

    Menjadi Program Studi PAK yang handal dan unggul di bidang pelayanan pendidikan baik pada tingkat regional maupun nasional sampai dengan tahun 2025.

     

     

     

     

    Dari visi di atas, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi:

    1. Handal.

    Handal berarti bahwa prodi ini teruji dan mampu menyediakan tenaga-tenaga pengajar dan pelayan di bidang pendidikan yang cakap dan dapat diandalkan baik oleh gereja maupun bangsa dan negara.

    1. Unggul

    Unggul didukung oleh kurikulum yang terintegrasi dengan sistem kurikulum berbasis Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) dan iman Kristen.

    1. Regional-Nasional

    Regional menunjuk pada Luwuk, Sulawesi Tengah, sedangkan nasional berarti wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Sangihe Talaud sampai pulau Rote.

    1. Tahun 2025.

    Tahun 2025 adalah periode pencapaian Prodi PAK STT STAR’SLUB.

     

     

    1.1.3  Misi

     

    Misi program studi PAK STT STAR’S LUB dituangkan dalam beberapa poin berikut:

    1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang Stratum Satu Prodi PAK yang mengedepankan kompetensi keilmuan pedagogik berbasis nilai-nilai kristiani.
    2. Menumbuh kembangkan budaya penelitian di bidang pendidikan keagamaan, yakni Pendidikan Agama Kristen.
    3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan, baik di sekolah-sekolah maupun di gereja.

     

     

    1.1.4  Tujuan

     

    Tujuan Program Studi:

    Tujuan yang ingin dicapai STT STAR’S LUB adalah:

    1. Menghasilkan tenaga pendidik Kristen yang berkompeten dalam ilmu keguruan, berwawasan luas, dan profesional di bidang pendidikan.
    2. Menghasilkan tenaga pendidik Kristen yang mampu mengkaji perkembangan keilmuan pendidikan pada umumnya dan secara khusus agama Kristen.
    3. Menghasilkan tenaga pendidik yang dapat mendedikasikan hidupnya untuk mencerdaskan masyarakat pada umumnya dan jemaat pada khususnya melalui pendidikan Kristen.
    4. Menghasilkan tenaga pendidik yang siap bersaing di bidang pendidikan, khususnya dalam menghadapi pasar bebas Asia (MEA).
    5. Menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter, bermoral, dan berintegritas dalam mengemban tugasnya sebagai pendidik.

     

     

     

     

     

    1.1.5  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

     

    Sasaran yang akan dicapai adalah:

    1. Tersedianya tenaga pendidik yang cakap dan handal dalam kemampuan sebagai pendidik, berintegritas sehingga dapat diteladani, serta berkomitmen kuat dalam pelayanan di sekolah dan masyarakat.
    2. Tersedianya tenaga pendidik yang cakap dan handal dalam melakukan penelitian dan pengembangan studi pendidikan agama Kristen.
    3. Tersedianya tenaga pendidik yang aktif mengabdikan hidupnya, baik untuk masyarakat (bangsa/negara) maupun gereja.
    4. Tersedianya tenaga pendidik yang memprioritaskan pelayanan demi kedewasaan iman warga gereja di sekolah dan masyarakat.

     

    Strategi pencapaian sasaran dilakukan melalui cara:

    1. Mensosialisasikan STT STAR’S LUB ke sekolah-sekolah, gereja-gereja, dan lembaga-lembaga Kristen lainnya, baik di kabupaten Banggai maupun di daerah-daerah lain.
    2. Melakukan rekruitmen calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.
    3. Meningkatkan hubungan (sinergi) yang kuat dan harmonis dengan denominasi gereja.
    4. Melakukan sharing visi-misi dengan mitra atau donatur Kristen, baik perseorangan maupun kelompok organisasi di Indonesia.
    5. Melakukan rekrutmen dosen sesuai dengan kualifikasi keilmuan dan dengan karakter yang kuat.
    6. Memfasilitasi dosen-dosen untuk studi lanjut, memperoleh dana hibah, mengikuti kegiatan-kegiatan sertifikasi, kegiatan-kegiatan seminar/workshop, dan pemateri dalam seminar, dll.
    7. Menambah buku-buku perpustakaan yang menunjang proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
    8. Melakukan pemodernisasian pada bahan-bahan ajar yang digunakan.
    9. Mengelola administrasi dan keuangan yang transparan, benar, dan disiplin.
      1. Melaksanakan pendidikan sesuai dengan standar pendidikan nasional.
      2. Menanamkan nilai-nilai profesionalitas, karakter, dan iman atau kerohanian.
      3. Melakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum.
      4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan misi, misalnya: kegiatan penyegaran iman (KPI) baik untuk warga gereja dewasa maupun anak-anak.
      5. Memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti lomba pidato yang diadakan oleh Pemda Kab. Banggai, c.q. Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah.

     

     

     

     

     

    2.1.       Sosialisasi

     

    Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

     

    VMTS Prodi PAK STT STAR’S LUB disosialisasikan secara internal dan eksternal. Sosialisasi internal meliputi:

    Rapat. Rapat pimpinan dengan dosen (biasa dan luar biasa) prodi PAK yang diagendakan sekali dalam 1 (satu) semester mengagendakan penyamaan persepsi dosen yangmelakukan proses belajar mengajar (pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat)dengan VMTS prodi PAK.

    Ospek. Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) adalah pekan di mana calon mahasiswa barudiberikan pemahaman tentang VMTS Prodi PAK. Tujuannya adalah agar mereka mengerti arah program studi PAK yang tertuang dalam visi, misi, tujuan, dan sasaran.

    Bimbingan Wali. Mahasiswa prodi PAK yang sudah diatur untuk bertemu secara rutin dengan dosen wali, akan diingatkan kembali, tentang jati diri program studi PAK dan target apa yang akan dilakukan di masa-masa yang akan datang.

    Pertemuan dengan Kaprodi PAK. Pertemuan ini dilakukan 1 (satu) kali dalam satu semester. Kaprodi akan mengingatkan kembali VMTS kepada semua mahasiswa baik untuk semester atas maupun semester bawah.

    Sosialisasi internal juga dilakukan melalui berbagai media sosial, baik elektronik mapun cetak. VMTS Prodi PAK dapat dijumpai pada link website Prodi PAK. Di sisi lain, VMTS Prodi PAK juga di sosialisasikan melalui poster, spanduk, pembatas buku, brosur, buku katalog (prospektus).

    Sosialisasi eksternal, dilakukan melalui cara:

    Pertemuan dengan Stakeholders (pemangku kepentingan). Dalam pertemuan dengan pemimpin-pemimpin gereja di daerah Luwuk Banggai, dengan para donatur, pemerintah atau tokoh-tokoh masyarakat, Prodi PAK terus mendengungkan VMTS Prodi PAK, sebagai bagian dari keberadaan STT STAR’S LUB di kota Luwuk.

     

     

     

     

    Agenda Terbaru
    Statistik Pengunjung
  • Dikunjungi oleh : 24490 user
  • IP address : 54.236.246.85
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Link Terkait
    Berita Akademik

    Kegiatan Seminar Nasional Persekutuan Sekolah - Sekolah Tinggi Setia Arastamar Indonesia (PRESTASI )

    2017-05-04 - 02:50:pm | Kategori Akademik | oleh admin

     Seminar Nasional  yang diselenggarakan oleh Persekutuan Sekolah - Sekolah Tinggi Setia Arastamar Indonesia (PRESTASI )  b.....Baca Selanjutnya

    Sekilas Pemimpin Tradisional Rante Balla

    2015-09-22 - 12:05:pm | Kategori Akademik | oleh direktur
    1. 1.      Asal-usul kepemimpinan tradisional dalam masyarakat Rante Balla<.....Baca Selanjutnya
    Renungan
    Materi E-Learning
    Sekolah Tinggi Teologia (STT) STAR'S LUB
    Jl. Sungai Bunta Nomor 4. Kel. Keleke Kec. Luwuk Kab.Banggai, Prov. Sulawei Tengah
    Telp: 085241359597 email : purnama.pasande@gmail.com, sttstarslub.luwuk@gmail.com