Polling Bulan Ini

Bagaimana pelaksanaan proses akademik di semester genap ini?

Kurang
Cukup Bagus
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
Download Terbaru
Hubungi Admin
  • Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi admin via WA & Telegram.

    082292396640 @lewikiswanto
  • Sambutan Wisuda ke 4
    Artikel berita - Kategori Kegiatan | Diposting pada : 2015-09-22 -|- 12:48:pm
    Share this article on

    Yang terhormat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI atau yang mewakili


    Yang Terhormat ketua Yayasan Sabas Jakarta


    Yang terhormat ketua dan Pengurus Yayasan Sabas di Luwuk Banggai


    Yang terhormat Kasie Bimas Kristen Kab. Banggai


    Yang terhormat Ketua dan MPH Sinode GKLB dan atau yang mewakili


    Yang terhormat Ketua dan MPH Sinode GPIBK atau yang mewakili


    Yang terhormat Civitas Akademika STT STAR’S LUB


    Yang terhormat Lembaga Mitra kerja Pelayanan STT STAR’S LUB, baik itu Gereja maupun Yayasan-yayasan yang bergerak dibidang pelayanan dan pendidikan.


    Yang terhormat para Sponsor dan Donatur STT STAR’S LUB


    Yang terhormat para Hamba Tuhan yang hadir pada saat ini


    Yang terhormat para undangan, orang tua wisudawan  dan para wisudawan/wisudawati.


     


    Shalom…


    Puji syukur kita persembahkan kepada Kepala Gereja yaitu Tuhan Yesus yang terus mengaruniakan hikmat dan pengetahuan kepada kita, secara khusus kepada Civitas Akademika STT STAR’S LUB (Arastamar Luwuk Banggai) yang pada saat ini mengadakan wisuda ke IV tanggal 14 Agustus 2015.


    Kepada para wisudawan dan wisudawati,


    Hari ini Anda sekalian mengenakan  baju kebesaran akademis sebagai tanda telah menyelesaikan semua tanggungjawab akademis pada tingkatan yang telah diikuti. Saya yakin ini satu peristiwa yang akan menjadi kenangan indah dan tidak pernah dilupakan, sehingga akan menjadi luapan syukur yang selalu diucapkan oleh para wisudawan/wisudawati, bahkan menjadi satu kebanggaan dalam menggapai masa depan.


    Tema Wisuda ke IV Tahun 2015 adalah Providensia Allah (Pemeliharaan Allah) yang terdapat dalam Perjanjian Baru Matius 10:19-20, Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu  pada saat itu juga.  Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu;  Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. 


    Doktrin Providensia Allah (Providence of God) ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita. Tulisan Calvin dalam bahasa latin Institutio’ yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu Pengajaran Agama Kristen menuliskan bahwa“Ketidaktahuan , tentang Providensia adalah asal mula semua kesengsaraan, lanjut Tulisan tersebut,   berkat yang terbesar terletak dalam pengenalan tentang providensia. Itu berarti doktrin Providensia sangat penting untuk dipelajari dan dipahami sehingga, kita mengetahui bagaimana  Providensia Allah dalam kehidupan kita. Saya berpikir bahwa tidak ada satupun orang Reformed (Aliran atau denominasi Calvinis sering disebut reformed) yang sejati yang tidak mempercayai doktrin ini.


    Substansi dari Pemeliharaan (Providensia) Allah


    1. Pemeliharaan (Providensia) diberikan hanya kepada anak yang taat dan setia pada-Nya.


    Ada begitu banyak konsep yang salah tentang providensia Allah, banyak orang kristen beranggapan kalau Allah memelihara maka orang Kristen boleh berbuat apa saja, sebab Allah akan menjagai, kita tidak akan menderita dan apapun yang dilakukan pasti berhasil maka tidaklah heran kalau ternyata yang diajarkan tidak sama dengan realita yang dihadapi. Orang menjadi terkaget-kaget dan ironisnya, orang menyalahkan Tuhan, Mengapa Tuhan tidak menjaga? Sesungguhnya bukan Tuhan yang salah tetapi manusialah yang tidak mau taat dan menyeleweng dari jalan Tuhan, kitalah yang hilang dari posisi kita.  Pertanyaan sekarang, apakah kita seorang anak Tuhan yang sejati?  Dalam Mazmur  48:1-15 jelas bahwa Allahlah memimpin seterusnya dan selamanya. Inilah yang menjadi keyakinan Civitas STT STAR’S LUB bahwa kalau sampai saat ini STT STAR’S LUB masih ada, masih bisa melayani, masih bisa mendidik dan masih bisa berkarya ditengah-tengah masyarkat itu karena Provindensi Allah.


    2. Pemeliharaan (Providensia) Allah menyatakan keterbatasan dan kelemahan diri manusia.


    Inilah realita yang terjadi bagi orang kristen, yaitu disatu pihak orang butuh providensia Allah khususnya ketika kita berada dalam kesulitan tetapi di sisi lain, orang menolak providensia Allah karena providensia ini dirasakan telah membatasi eksistensi dirinya. Dalam hal ini providensia tidak lebih hanya sebagai alat pendukung dimana Tuhan seperti seorang pengawal. Ingat, Tuhan bukan budak kita yang dapat kita perintah seenaknya. Haruslah kita sadari bahwa, kitalah yang budak dan harus taat mutlak pada Tuhan. Manusia adalah makhuk terbatas dan lemah  dalam banyak hal manusia tidak dapat mengatasi segala kondisi dan situasi yang sulit, kita tidak tahu apakah esok cerah ataukah gelap, manusia tidak berkuasa atas alam apalagi atas Tuhan sang pemilik alam. Ironisnya, manusia tidak mau mengakui kalau dirinya terbatas dan lemah. Konsep pemeliharaan Allah menyadarkan kita bahwa kita adalah manusia terbatas dan lemah, jadi  seharusnya kembali pada posisi yang tepat. Orang yang tidak mengerti hal ini maka ia tidak akan pernah memahami betapa kita butuh pemeliharaan-Nya. Selama orang masih sukses, orang tidak akan pernah sadar akan kelemahannya, tetapi ketika realita berbicara lain barulah orang mulai teriak: Tuhan dimana? Keterbatasan otak kitalah yang membuat kita sulit melihat penyertaan dan pemeliharaan Tuhan yang indah dalam hidup kita. Providensia menuntut ketaatan dan kesadaran akan posisi kita dengan demikian kita tahu bagaimana seharusnya memperlakukan dan bersikap pada Allah. Orang lebih suka berjalan sendiri, orang tidak suka kalau Tuhan memelihara, orang tidak suka diatur oleh Tuhan sebaliknya orang lebih suka mengatur Tuhan. Pertanyaannya sekarang memang siapakah manusia mau mengatur Tuhan dan menjadi penasehat bagi Tuhan semesta alam? Sampai seberapakah kepandaian, kekayaan dan kekuatan manusia? Sadarlah justru pada saat kita bersandar dan hidup dalam pemeliharaan Tuhan itulah batasan kita diperluas. Ketika  manusia tidak sanggup lagi mengatasi segala kesulitan maka saat itu kita akan melihat Allah sanggup mengatasi semua perkara yang menjadi kesulitan kita, kita akan melihat cara Tuhan yang ajaib yang sulit dimengerti oleh logika manusia. Tuhan kita adalah Tuhan yang hidup, Dia akan memberikan kepada kita kekuatan yang melampaui teori manusia. Terkadang kita sulit untuk mengerti namun percayalah, Tuhan pasti akan menolong kita disaat yang paling sulit dan Tuhan bisa memakai apapun juga seperti halnya Tuhan memeliharakan Elia dengan memakai burung gagak. Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktu-Nya (1 Raja-raja 17:1-6).


     


    Para wisudawan/wisudawati, saya ingin menyampaikan bahwa hanyatilah senantiasa panggilannmu sebagai hamba Tuhan. Wisuda ini tidak mempunyai makna tanpa penghayatan akan tujuan panggilan saudara menjadi hamba Tuhan. Ingatlah bahwa wisuda ini bukan menandakan akhir suatu proses melainkan awal di mana seorang wisudawan dan wisudawati mulai memasuki ladang pekerjaan Tuhan. Ingatlah, jika Tuhan dipihak kita siapakah lawan kita? Jadi jangan takut melayani Tuhan.


     


    Kepada ketua dan pengurus Yayasan Sabas Pusat dan Luwuk, kepada bapak dan ibu dosen dan Kepada Pemerintah dalam hal ini Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI, Provinsi dan Kabupaten…


     


    Terima kasih oleh karena selama ini telah terlibat dalam memikirkan dan juga dalam mengambil bagian dalam program pendidikan, pelayanan di STT STAR’S LUB (Arastamar Luwuk Banggai). Terima kasih atas ilmu, tenaga, waktu dan doa yang selama ini diberikan kepada para wisudawan dan wisudawati yang saat ini ada di depan bapak/ibu. Biarlah setiap pelayanan dan pengabdian bapak/ibu selalu diberkati Tuhan.


     


    Kepada bapak/ibu saudara yang telah berkenan memenuhi undangan kami dalam menghadiri wisuda angkatan ke IV tahun 2015 ini, kami sangat berterima kasih, dan kami berharap bahwa sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, bapak/ibu saudara dapat terus mendukung kami dalam doa sehingga STT STAR’S LUB dapat terus menjadi berkat bagi pemuda-pemudi yang rindu untuk menjadi hamba Tuhan.


     


    Akhirnya, kepada semua wisudawan dan wisudawati saya ucapkan selamat atas keberhasilannya dalam studi. Selamat melayani Tuhan, selamat memasuki keluarga Alumni STT STAR’S LUB (Arastamar Luwuk).  Soli Deo Gloria. 

    Agenda Terbaru
    Statistik Pengunjung
  • Dikunjungi oleh : 24479 user
  • IP address : 54.236.246.85
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Link Terkait
    Berita Akademik

    Kegiatan Seminar Nasional Persekutuan Sekolah - Sekolah Tinggi Setia Arastamar Indonesia (PRESTASI )

    2017-05-04 - 02:50:pm | Kategori Akademik | oleh admin

     Seminar Nasional  yang diselenggarakan oleh Persekutuan Sekolah - Sekolah Tinggi Setia Arastamar Indonesia (PRESTASI )  b.....Baca Selanjutnya

    Sekilas Pemimpin Tradisional Rante Balla

    2015-09-22 - 12:05:pm | Kategori Akademik | oleh direktur
    1. 1.      Asal-usul kepemimpinan tradisional dalam masyarakat Rante Balla<.....Baca Selanjutnya
    Renungan
    Materi E-Learning
    Sekolah Tinggi Teologia (STT) STAR'S LUB
    Jl. Sungai Bunta Nomor 4. Kel. Keleke Kec. Luwuk Kab.Banggai, Prov. Sulawei Tengah
    Telp: 085241359597 email : purnama.pasande@gmail.com, sttstarslub.luwuk@gmail.com